Tentang MPD

Bismillahirrahmanirrahim.

MASJID POGUNG DALANGAN

Di Padukuhan Pogung Kidul, Sinduadi Mlati Sleman Yogyakarta, Masjid Pogung Dalangan merupakan masjid tertua di antara 4 (empat) masjid jami’ yang ada. Tidak hanya itu, Masjid Pogung Dalangan layaknya ibu bagi masjid-masjid yang lain karena lewat sebab kepengurusan Masjid Pogung Dalangan juga lah masjid-masjid yang lain bisa dibangun.

Tentang MPD

Sejarah singkat masjid Pogung Dalangan adalah sebagai berikut:

Waqaf dari Bapak Juari Sastroatmodjo dengan luas 150m 2
1973 : mulai dibangun
1975 : baru bisa digunakan hasil gotong royong warga pogung dan sekitarnya

 

Seiring perkembangan kampus yang ada di Yogyakarta khususnya UGM yang letaknya sangat dekat dengan Padukuhan Pogung Kidul, perkembangan kehidupan beragama masyarakat Pogung menjadi terpicu termasuk perkembangan jama’ah Masjid Pogung Dalangan yang semakin penuh.

 

1988 : MPD diperluas dengan membeli tanah dari ahli waris Bapak Juari seluas 150m2 hasil gotongroyong warga, dan seseorang yang tidak mau disebutkan namanya menyumbang teras
1977 : TK Amal Kartini berdiri
Jama’ah semakin padat, berdirilah Masjid Al Ashri (Pogung Rejo), diikuti Masjid Siswa Graha (Pogung Kidul), lalu Masjid Pogung Raya (Pogung Dalangan)
2009 akhir : Kondisi Masjid Pogung Dalangan semakin tua dan jamaah shalat yang ada semakin penuh, takmir memutuskan untuk merenovasi total (membangun ulang) Masjid Pogung Dalangan
2010 awal : Penggalangan Dana
2011 : Masjid Pogung Dalangan yang baru sudah jadi dan bisa ditempati untuk kegiatan shalat rawatib dan shalat jumat.
2014 akhir : Jama’ah Masjid Pogung Dalangan semakin penuh dan sering meluber ke jalan serta kegiatan keagamaan seperti belajar membaca al quran dan pengajian juga semakin padat. Takmir menetapkan untuk melakukan perluasan Masjid Pogung Dalangan ke arah selatan masjid dengan luas kurang lebih 280 s.d. 300 m2.
2015 awal : Penggalangan dana untuk pembebasan tanah tahap I dilakukan dan langsung terkumpul di bulan April dan bisa terbeli tanah seluas 111 m2 dari ahli waris Almarhum Bapak Juari.
2015 pertengahan : Penggalangan dana berlanjut untuk pembebasan tanah tahap II dan alhamdulillah pada pertengahan Agustus bisa dibeli tanah dari Bapak Eko Sutopo seluas 169 m2 (posisi tanah bersebelahan dengan tanah tahap I).
2015 – Maret 2017 : Penggalangan dana untuk pembangunan masjid Pogung Dalangan, yaitu di atas tanah yang sudah berhasil dibebaskan pada tahap I dan II.
Maret 2017 – sekarang : Pembangunan Masjid Pogung Dalangan dan Penggalangan Dana Pembebasan Tanah Untuk Rumah Tahfizh MPD.

 

Segenap pengurus Takmir Masjid Pogung Dalangan berusahan mewujudkan Masjid Pogung Dalangan menjadi masjid yang selalu hidup dengan kegiatan ibadah, menjadi pusat kegiatan kaum muslimin di Padukuhan Pogung Kidul dan menjadi pusat dakwah yang manfaatnya bisa menyebar ke seluruh penjuru tanah air Indonesia.

Masjid Pogung Dalangan © Copyright 2017, All Rights Reserved